Kamis, April 18, 2024
BerandaKepriKasus Kekerasan Perempuan dan Anak Perempuan di Kepri Meningkat di 2021

Kasus Kekerasan Perempuan dan Anak Perempuan di Kepri Meningkat di 2021

Beritaibukota.com,KEPRI -Ketua Subkom Pengembangan Sistem Pemulihan, Komnas Perempuan, Theresia Iswarini mengatakan adanya peningkatan kasus kekerasan terhadap perempuan dan anak perempuan di Kepri.

Theresia mengatakan jika di tahun 2015 angka kekerasan terhadap perempuan dan anak perempuan di Kepri hanya 27 kasus, angkanya jauh meningkat di tahun 2021 menjadi 198 kasus.

“Peningkatan kasus ini bukan hanya terjadi di Kepri. Apalagi pada masa pandemi Covid-19 ini terjadi peningkatan di seluruh Indonesia,” kata Theresia saat menggelar audiensi Komisi Nasional Anti Kekerasan Terhadap Perempuan (Komnas Perempuan) di Gedung Daerah, Tanjungpinang, Rabu (23/3).

Theresia mengatakan angka kenaikannya cukup signifikan di tahun 2021 jika dibandingkan 2020 yang mengalami peningkatan 83 persen. Jika tahun 2020 hanya 940 kasus, angkanya meningkat di 2021 menjadi 1.721 kasus.

Sementara itu Ketua Lembaga Koordinasi Kesejahteraan Sosial (LKKS) Dewi Kumalasari Ansar mengatakan bahwa selama ini memang ada perlakuan yang berbeda yang diterima antara korban dan pelaku kekerasan terhadap perempuan. Ia menambahkan, korban kekerasan malah tidak mendapatkan keadilan yang semestinya.

“Pelaku ditangkap oleh polisi, diberi makan dan dipenuhi kebutuhannya di dalam sel. Sementara korban tidak ada yang mendampingi, kadang korban tidak mendapatkan akses pelayanan dan korban tidak dapat hak-hak yang semestinya dia dapatkan” imbuhĀ  Dewi Ansar.

Untuk itu Dewi menyebutkan audiensi ini bersama OPD terkait yang difasilitasi oleh yayasan Engku Pelangi bersama Dinas Pemberdayaan Perempuan sebagai momentum upaya pemenuhan hak-hak perempuan korban kekerasan dan tindak pidana.

“Kemudian bagaimana menyusun suatu regulasi untuk mengakomodir Komnas Perempuan, bagaimana korban-korban perempuan ini mendapat hak-haknya” ungkapnya.

Terakhir, Dewi Ansar mengharapkan Komnas Perempuan untuk membagikan informasi dan Program-program Komnas Perempuan kedepannya. (nto)

 

ARTIKEL TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.