Sabtu, Mei 25, 2024
BerandaAnambasJaringan Proyek Palapa Ring Barat di Anambas Diperluas

Jaringan Proyek Palapa Ring Barat di Anambas Diperluas

Beritaibukota.com,ANAMBAS – Proyek Palapa Ring Barat (PRB) salah satu Proyek strategis jaringan tulang punggung serat optik nasional yg di bangun diwilayah barat yaitu di Kepulauan Anambas tepatnya di ibukota.

Jaringan ini saat ini sudah bisa dinikmati sebagian masyarakat atas kebutuhan telekomunikasi. Namun belum semua masyarakat Anambas dapat menikmatinya karena jaringan ini belum bisa menjangkau keseluruh pulau. Terutama 3 pulau besar di anambas dikarenakan anambas begitu banyak pulau yg terpisah dgn lautan.

Namun upaya pemerintah yang dilakukan tidak sampai disitu saja. Atas upaya yang dilakukan dengan terus berkordinasi baik dengan Kementerian Polhukam, Kementerian Marves, Kemenkominfo dan Kementerian BUMN dan terus melakukan paparan dan kunjungan ke operator, perluasan jangkauan Infrastruktur Digital dilanjutkan operator PT.Telkom dengan Membangun Pegelaran pekerjaan Sistem Kabel Bawah Laut (SKKL) Jalur Matak-Tarempa-Jemaja.

Wakil Bupati Kepulauan Anambas, Wan Zuhendra, Rabu (10/11) mengatakan hal ini merupakan bukti keseriusan Pemerintah Daerah dan Pemerintah Pusat dalam upaya percepatan akses telekomunikasi menuju (merdeka sinyal) sehingga akses telekomunikasi dapat dirasakan oleh masyarakat di Kabupaten Kepulauan Anambas.

Untuk melihat langsung proses pekerjaan SKKL, Wan Zuhendra mengatakan telah melakukan peninjauan di Kapal dengan didampingi oleh FKPD, Sekretaris Daerah, dan Kepala OPD pada Senin pagi, (8/11).

Pekerjaan SKKL sangat di tunggu-tunggu oleh masyarakat Karena mengingat Kabupaten Kepulauan Anambas memiliki wilayah pulau yang terpisah-pisah oleh laut sehingga hal inilah yang menjadi kendala masyarakat dalam mendapatkan akses telekomunikasi secara merata.

Wan Zuhendra mengatakan Pemerintah Daerah dan Stakeholder akan  mendukung penuh agar lancarnya pekerjaan SKKL ini hingga selesai .”Mudah-mudahan cuaca mendukung selama pekerja ini sehingga tidak ada kendala yang begitu bearti”, ujarnya.

Dengan hadirnya SKKL di Kabupaten Kepulauan Anambas, Wan Zuhendra mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah Pusat yang telah merespon keinginan masyarakat dalam mendukung meningkatkan akses telekomunikasi.

Wan Zuhendra berharap kedepannya masyarakat Kabupaten Kepulauan Anambas dapat menikmati akses telekomunikasi secara merata, namun hal ini tentunya secara bertahap dan berkesinambungan.

Sementara itu Bima Karel dari pihak Telkom Infra menjelaskan bahwa tahapan pekerjaan SKKL ini adalah melakukan pembersihan rute di bawah laut (Jemaja-Tarempa-Matak), kemudian dilakukan Line Cable (Matak-Tarempa-Jemaja) dengan perkiraan selesai pekerjaan pada tanggal 11-15 November 2021.

Panjang kabel yg di gelar di sisi Laut total lebih kurang 84 km stelah itu dilakukan pegelatan sisi darat ke tiga pulau tersebut. (fik)

ARTIKEL TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.