Minggu, Juni 23, 2024
BerandaolahragaMeski Runer-Up, Pemain Muda Indonesia Tim yang Ditakuti Dimasa Mendatang

Meski Runer-Up, Pemain Muda Indonesia Tim yang Ditakuti Dimasa Mendatang

Beritaibukota.com,OLAHRAGA – Piala AFC 2020 telah selesai. Timnas Thailand keluar sebagai juara untuk ke enam kalinya. Sementara Timnas Indonesia hanya bisa meraih posisi runer up. Bahkan posisi runer up ini sudah diraih Indonesia untuk ke enam kali tanpa pernah sekalipun berhasil mengangkat piala.

Meskipun demikian pemain timnas Indonesia yang bertanding di piala AFC kali ini memiliki perbedaan dari timnas Indonesia sebelumnya. Kali ini dibawah asuhan Shin Tae-yong rata-rata usia pemain Timnas Indonesia masih dibawah 25 tahun. Bahkan tidak sedikit yang berusia 19-23 tahun.

Panitia AFC melihat tim muda Indonesia adalah tim yang memiliki harapan cemerlang dimasa mendatang. Bahkan salah satu pemain muda Indonesia, Pratama Arhan, terpilih menjadi pemain muda terbaik di Piala AFF 2020. Pemain PSIS Semarang itu mengalahkan dua kompatriotnya, Witan Sulaeman dan Alfeandra Dewangga.

Arhan juga dalam pertandingan kualifikasi juga pernah mendapatkan man of the match. Pemain muda ini hampir selalu dipercaya pelatih Shin Tae-yong untuk mengisi pos bek kiri, dan hanya absen dua kali sepanjang turnamen, yakni saat diistirahatkan melawan Laos di fase grup dan ketika harus menjalani sanksi akumulasi kartu di leg pertama final melawan Thailand.

Absennya Arhan di leg pertama final Indonesia vs Thailand cukup membuat Indonesia kewalahan. Akibatnya Indonesia harus menelan kekalahan telak 4-0. Namun dengan mainnya Arhan di leg dua terbukti membuat efek positif bagi Timnas Indonesia. Buktinya Timnas Indonesia bisa berhasil menahan Thailand di leg ke Dua dengan skor 2-2.

Arhan dikenal sangat gigih dilapangan baik disaat menyerang maupun bertahan. Sepanjang turnamen Arhan berhasil mencetak dua gol saat melawan Malaysia dan Singapura.

Segala hal yang telah ditunjukkan Arhan selama Piala AFF 2020 meyakinkan para juri dan suporter untuk memilihnya sebagai pemain muda terbaik. Berdasarkan penilaian, Arhan berhasil mengungguli para pesaing. Vote yang diterimanya juga mencapai 60.122 suara.

Ia berhasil menyingkirkan Witan dan Dewangga yang finis kedua dan ketiga, serta Thanawat Suengchitthawon (Thailand) dan Sieng Chanthea (Kamboja) yang melengkapi posisi lima besar.

Dikutip dari detik.com, Legenda sepakbola Singapura, Baihakki Khaizan pun memuji pemain 20 tahun tersebut. Lewat media sosialnya, pria yang pernah tiga kali memenangi Piala AFF itu menyarankan Arhan untuk bermain di luar negeri.

“Kamu (Arhan) bakal jadi pemain kelas Asia. Jaga diri kamu baik-baik, main di luar (negeri) jika bisa untuk meningkatkan lagi pengalaman. Luar biasa,” tulis Baihaki. (nto)

ARTIKEL TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.