Senin, Juli 22, 2024
BerandaolahragaSejarah Kenapa Disebut Piala Sudirman

Sejarah Kenapa Disebut Piala Sudirman

Beritaibukota.com,OLAHRAGA – Besok, Minggu (26/9), pagelaran bulutangkis elit bakal dimulai. Perebutan piala Sudirman akan diikuti negara-negara kuat yang memiliki pemain dunia.

Namun sebelum menyaksikan ajang Piala Sudirman, tuat yang belum tau kenapa dinamakan piala Sudirman, berikut sejarahnya.

Piala Sudirman adalah kejuaraan bulu tangkis internasional beregu campuran, mempertandingkan nomor tunggal putra, tunggal putri, ganda putra, ganda putri, dan ganda campuran. Kejuaraan ini digelar setiap dua tahun sekali. Piala Sudirman pertama kali dipertandingkan pada 1989 di Jakarta.

Pada edisi pertama, Indonesia berhasil menjadi juara usai mengalahkan Korea Selatan di final dengan skor akhir 3-2 dari lima partai yang dipertandingan. Sayangnya setelah itu Indonesia tidak pernah lagi menjadi juara.

Piala Sudirman merupakan sebuah bentuk penghormatan dan apresiasi dunia untuk seorang pebulutangkis Indonesia bernama Dick Sudirman. Sudirman juga merupakan salah satu pendiri Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PBSI) yang terbentuk pada 5 Mei 1951.

Dikutip dari BWF Museum, Sudirman menjadi jembatan untuk menggabungkan dua organisasi bulutangkis dunia, International Badminton Federation (IBF) dengan World Badminton Federation (WBF). Pada 1981, kedua organisasi itu bisa disatukan menjadi BWF.

Sudirman merupakan Ketua Umum PP PBSI kedua setelah Prataatmadja yang bekerja mulai 1952 sampai 1963. Ia juga tercatat sebagai sosok Ketua Umum PBSI terlama yang pernah menjabat organisasi bulutangkis di Indonesia, yakni selama 22 tahun (1952-1963 serta 1967-1981).

Tak hanya itu, Sudirman juga pernah dipercaya sebagai Wakil Presiden IBF (International Badmiton Federation) yang saat ini dikenal dengan BWF (Badminton World Federation) pada tahun 1975. Sudirman wafat karena penyakit yang dideritanya pada 10 Juni 1986 dalam usia 64 tahun.

Meski Sudirman sudah tidak ada, Piala Sudirman masih eksis sebagai salah satu kejuaraan beregu bulutangkis yang punya gengsi tinggi di dunia. Salah satu kejuaraan yang paling ditunggu oleh pebulutangkis.

Kejuaraan Piala Sudirman muncul berkat usulan dari Suharso Suhandinata, mantan wakil ketua umum PBSI dan anggota tetap IBF, setelah Dick Sudirman wafat.

Tidak ada hadiah uang dalam pagelaran Piala Sudirman ini. Para pemain tampil demi negara dan untuk memperbaiki posisi mereka di peringkat dunia BWF.

• Bentuk Trofi

Dilansir laman PB Djarum, trofi Piala Sudirman berbentuk shuttlecock yang dilapis emas 22 karat dengan tinggi 80 cm.

Pada bagian puncak piala terdapat ukiran replika Candi Borobudur. Lalu, untuk pegangan piala berbentuk benang sari.

Sementara bagian bawah atau alas berbentuk segi delapan atau oktagon menggunakan kayu jati yang berasal dari hutan Indonesia. (berbagai sumber/nto)

ARTIKEL TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.