Minggu, Februari 25, 2024
BerandaolahragaBendera Merah Putih Masih Tidak Diizinkan Berkibar di Kejuaraan Dunia Bulutangkis

Bendera Merah Putih Masih Tidak Diizinkan Berkibar di Kejuaraan Dunia Bulutangkis

Beritaibukota.com,OLAHRAGA – Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2021 akan dimulai 12-19 Desember. Sejumlah atlet Indonesia bakal ikut meramaikan perebutan juara dunia tersebut. Tapi sayangnya, Indonesia belum diizinkan mengibarkan bendera Merah-Putih jika ada atlet bulutangkis yang berhasil naik podium.

Menpora Zainudin Amali mengatakan masih memantau perkembangannya.
Tim bulutangkis Indonesia seperti diketahui akan terbang ke Huelva, Spanyol, guna mengikuti BWF World Championship. Ajang ini menjadi penting karena membawa nama negara di dalamnya. Maka sudah tentu, siapa yang menjadi juara akan mengibarkan bendera kebangsaannya.

Namun, akibat sanksi WADA terhadap Lembaga Anti Doping Indonesia (LADI) pengibaran bendera kian sulit dilakukan. Apalagi jika dalam waktu dua pekan ke depan sanksi tersebut belum dapat dicabut,” kata Zainudin Jumat dikutip dari detiksport (3/12).

Zainudin Amali juga mengatakan keputusan LADI dan WADA tidak bisa diintervensi. Namun meskipun demikian pemerintah melalui Kemenpora bisanya membantu dengan memantau dan memfasilitasi saja
.
“Jadi pemerintah hanya memantau dan memfasilitasi semua kebutuhan. Sementara LADI sedang berusaha untuk memenuhi semua,” kata Menpora.

Zainudin mengatakan sifatnya saat ini menunggu karena tidak ada yang bisa dilakukan kecuali mempercepat item-item yang diminta LADI dan WADA. “Yang disanksi itu kan LADI sebenarnya, bukan pemerintah jadi tak mungkin kami paksa. Tetapi terimbas pada kegiatan yang diikuti Indonesia,” ujarnya.

Zainudin mengatakan informasi LADI, mereka sangat progresif dan apa yang diminta WADA dipenuhi, termasuk tes sampel doping di Peparnas (sudah dilakukan). Cuma memang butuh waktu karena harus kirim ke (laboratorium) di Qatar.

“Nah, kalau kegiatan Desember (Kejuaraan Dunia) itu sudah terencana, tidak ada masalah. Cuma urusan benderanya yang belum ya. Tetapi seperti biasa, kita bisa menggunakan lagu, nama Indonesia bisa digunakan lah,” kata Zainudin. (*/nto)

ARTIKEL TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.