Selasa, Maret 5, 2024
BerandaKepriEmpat Desa Wisata di Kepri Lolos 300 Besar Desa Wisata Indonesia Tahun...

Empat Desa Wisata di Kepri Lolos 300 Besar Desa Wisata Indonesia Tahun 2022

Beritaibukota.com,KEPRI – Kadis Pariwisata Kepri, Buralimar, Jumat (22/4), mengatakan sebanyak 4 Desa wisata di Provinsi Kepulauan Riau berhasil lolos 300 besar dalam kompetisi Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) tahun 2022.

Informasi itu diperoleh setelah pengumuman hasil kurasi penetapan 300 besar Desa wisata oleh Menparekraf Sandiaga Uno secara virtual, Rabu, (22/4).

Desa wisata di Provinsi Kepri yang lolos tersebut adalah Desa wisata Mekar Jaya di Kabupaten Natuna, Desa wisata Benan dan Desa wisata Resun di Kabupaten Lingga dan Desa wisata Kampung Tua Bakau Serip di Kota Batam.

ADWI 2022 merupakan ajang kompetisi Desa inovatif dan kreatif dengan konsep wisata yang diselenggarakan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

Dalam sambutannya, Sandiaga Uno menyampaikan Anugerah Desa Wisata 2022 dalam mewujudkan desa wisatayang berkelas dunia, berdaya saing global dan berkelanjutan untuk Indonesia bangkit.

“Kepada seluruh Desa wisata yang belum lolos 300 besar Desa Wisata ADWI 2022 tetap terus tingkatkan inovasi, adaptasi dan kolaborasi melalui pengisian data Desa wisata di website Jadesta sebagai wadah dan arah Kemenparekraf dalam penyusunan rencana pengembangan
desa-desa wisata seluruh Indonesia,” kata Sandiaga Uno saat mengumumkan 300 Desa wisata yang lolos ADWI 2022.

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Kepulauan Riau, Buralimar memberikan selamat kepada Desadesa wisata yang berhasil lolos. Ia berharap Desa wisata tersebut dapat lolos ke 50 besar.

“Selamat untuk Kabupaten Natuna, Kabupaten Lingga dan Kota Batam. Desa wisata masuk 300 besar. Semoga bisa tembus di 50 besar. Pencapaian kita di 100 besar tahun 2021 yakni diraih
Desa Wisata Kampung Terih. Tahun ini Mangrove Kampung Terih lolos lagi di 300 bersama Mekar Sari Natuna, dan Benan serta Resun dari Lingga,” jelas Buralimar.

Buralimar sangat berharap ke-4 Desa wisata yang lolos 300 besar tersebut lolos ke babak selanjutnya. Namun, ia menyayangkan Desa Wisata Pulau Ngenang tidak ikut mendaftar kompetisi ini
Padahal Pak Sandiaga sudah merekam tentang Ngenang dan jika datang sekali lagi akan berkunjung ke Ngenang. Jika lolos ke 50 besar. Pak Sandiaga Uno akan berkunjung ke 50 desa tersebut.” tegasnya.

Anugerah Desa Wisata Indonesia telah terjaring 1.831 desa wisata yang mendaftar dari 34 provinsi di Indonesia pada tahun 2021. Di tahun 2022 Anugerah Desa Wisata (ADWI) mempersembahkan 3.419 desa wisata dari 34 provinsi.

Penulis : Riko

Editor : Zul

ARTIKEL TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.