Sabtu, Mei 25, 2024
BerandaKepriMalu Hadiri Launching Ekspor Kelapa Dari Daerah Lain, Bahtiar Dorong Tanam 1...

Malu Hadiri Launching Ekspor Kelapa Dari Daerah Lain, Bahtiar Dorong Tanam 1 Miliar Kelapa

Beritaibukota.com – Berawal dari rasa malu kepada Menteri Pertanian, Pjs Gubernur Kepri, Bahtiar Baharudin akan mendorong semua kepala daerah di Kabupaten/Kota se Kepri tanam kelapa.

Bahtiar menceritakan awal rasa malunya ketika Menteri Pertanian bakal launching ekspor kelapa dari Batam. Rupanya, kelapa yang bakal diekspor berasal dari Riau dan Jambi.

“Masak saya hadir launching ekspor kelapa orang. Malu saya sebagai gubernur, ” sahutnya sambil tertawa kecil di sela-sela acara rakernas Kesbangpol di Aula Dompak, Senin (16/11).

Bahtiar menjelaskan sumber kelapa yang bakal diekspor nanti berasal dari Riau dan Jambi. Padahal jika dilihat dari daerah sumbernya juga memiliki kesamaan dari segi pulau.

Untuk itu direncanakan minggu depan, Bahtiar akan mendorong semua kepala daerah di Kepri untuk melakukan gerakan tanam satu miliar pohon kelapa.

Merealisasikannya dengan melakukan penanaman pohon kelapa di 2408 pulau yang ada di Kepri. “500 ribu pokok kita tanam setiap pulaunya, ” kata Bahtiar.

Semua kepala daerah di Kepri bakal didorong menganggarkan pembibitannya. Sementara terkait lahan penanamannya  bisa difungsikan lahan hutan tanpa mengubah fungsi lahan.

Bahtiar juga mengatakan selain pemerintah daerah, pihak swasta juga ikut didorong merealisasikannya. Apalagi secara alamiah, masyarakat juga sudah biasa menanam kelapa sehingga merealisasikannya tidak terlalu sulit.

Peluang permintaan kelapa saat ini untuk ekspor sangat besar sekali. Kesempatan ini juga bisa digunakan sebagai perang panjang untuk melawan pandemi dari segi ekonomi. “Kita tidak tau sampai kapan pandemi ini. Atau suatu saat ekonomi kita bisa juga melambat. Maka dengan produksi kelapa masyarakat setidaknya bisa minimum pertahankan ekonomi, ” kata Bahtiar mengakhiri pembicaraan. (Rinto Situmorang)

ARTIKEL TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.