Senin, Juli 22, 2024
BerandaolahragaShin Tae-yong Tak Segan-Segan Keluarkan Asnawi dari Timnas Jika Lakukan Provokasi Lagi

Shin Tae-yong Tak Segan-Segan Keluarkan Asnawi dari Timnas Jika Lakukan Provokasi Lagi

Beritaibukota.com,OLAHRAGA – Gagalnya eksekusi tendangan penalti pemain Thailand, Faris Ramli mendapatkan provokasi dari pemain Indonesia, Asnawi Mangkualam. Hal itu menjadi sorotan tajam dari pelatih Indonesia, Shin Tae-yong.

Bahkan Shin Tae-yong mengancam akan mengeluarkan Asnawi Mangkualam dari timnas jika masih melakukan provokasi seperti itu lagi.

Asnawi secara kontroversial menghampiri Faris Ramli, yang gagal mengeksekusi tendangan penalti menjelang akhir laga semifinal kedua Piala AFF 2020, Sabtu (25/12/2021). Kegagalan pemain Singapura itu sekaligus memupus harapan Singapura untuk melaju ke final.

Kelakuan Ansnawi sebenarnya adalah luapan kebahagiaan atas gagalnya pinalti dari Thailand. Apalagi jika Faris berhasl membobol gawang Nadeo maka dipastikan Indonesia sudah pasti gugur di babak semifinal karena Singapura akan menang dengan skor 3-2.

Gagalnya finalti dari Thailand membuat pertandingan dilanjutkan 30 menit lagi di fase pertambahan waktu. Indonesia akhirnya berhasil memenangkan pertandingan dengan skor 4-2 lewat babak tambahan.

“Saya tidak tahu ada aksi itu saat masih di stadion, tapi saya terkejut setelah melihat video tayangan ulang,” kata Shin Tae-yong, dikutip dari media Korea, Joongang.

“Setelah makan siang, saya menegur Asnawi dan mengatakan, ‘jika itu terjadi lagi selama saya masih menjadi pelatih, jangan pernah berharap datang ke timnas’,” ujarnya.

Shin Tae-yong adalah sosok yang sangat menjunjung tinggi sikap fair play. Ia sendiri sempat bersitegang dengan bench Singapura karena kecewa pemain lawan merayakan gol di depan bench Timnas Indonesia.

Ia juga tak banyak protes saat Timnas Indonesia dirugikan wasit karena tak menghadiahi penalti buat timnya pada semifinal leg pertama. Pelatih asal Korea lebih memilih menghargai keputusan wasit.

Dengan nilai yang dianutnya itu, ia pun sangat kecewa melihat aksi Asnawi. Pemain Ansan Greeners diminta untuk tak mengulangi lagi tindakan itu di kesempatan selanjutnya.

“Semua pemain di lapangan adalah rekan kerja, betapa hancur perasaannya setelah gagal mencetak gol penalti. Sesuatu yang tidak diterima juga buat pemain merayakan gol di depan bench lawan,” ucap Shin Tae-yong. “Asnawi sudah berjanji ke saya untuk tak melakukannya lagi,” kata dia lagi. (nto)

ARTIKEL TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.