Minggu, Februari 25, 2024
BerandaTanjungpinangBesok, AJI Pinang Gelar Konferta II, Jai-Sutana Diprediksi Kembali Terpilih Dua Periode

Besok, AJI Pinang Gelar Konferta II, Jai-Sutana Diprediksi Kembali Terpilih Dua Periode

Beritaibukota.com, TANJUNGPINANG – Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Kota Tanjungpinang, Kepulauan Riau, akan menggelar Konferta II pemilihan ketua dan sekretaris periode masa jabatan 2021-2024. Diprediksi Jailani dan Sutana jadi calon kuat untuk terpilih kembali menduduki Ketua dan Sekjen AJI Tanjungpinang.

Konferta yang akan dilaksanakan di Sekretariat AJI Tanjungpinang, Jalan D.I Pandjaitan, Kompleks Bintan Center, Sabtu (3/4) bahkan diprediksi hanya diikuti satu pasangan calon. Hal ini mengingat keberhasilan dua sosok ini membawa AJI lebih dikenal di Tanjungpinang sejak disahkan terpisah dari AJI Batam.

“Jai dan Sutana umumnya setuju menjadikan mereka kembali duduk jadi ketua dan sekjen. Secara umum semua pengurus dan anggota aji menginginkan itu, ” kata Riko anggota AJI Tanjungpinang beberapa waktu lalu di Kantor Sekretariat Aji Tanjungpinang.

Begitu juga dengan Zulfikar merupakan sekretaris AJI berpendapat yang sama dengan Riko. Ia melihat kepemimpinan Jai dan Sutana masih tepat memimpin satu periode lagi.

Sementara itu Ketua AJI Tanjungpinang, Jailani mengatakan adapun tema konferta II “Tetap Bergerak, Meski Berjarak”. Tema ini menggambarkan situasi pandemi COVID tidak menyurutkan semangat jurnalis dalam melaksanakan tugas di lapangan. Jurnalis tentunya membenahi diri dengan protokol kesehatan ketat.

“Konferta merupakan konferensi menjaring ketua dan sekretaris, di mana mekanisme pengambilan keputusan tertinggi dilakukan dalam kegiatan rutin tiga tahunan ini,” kata Jailani.

Jailani berharap siapapun yang terpilih nantinya harus tetap mempedomani Tri Panji AJI yaitu mendorong dan melindungi kemerdekaan pers, mewujudkan profesionalisme, dan meningkatkan kesejahteraan para jurnalis.

Dia meyakini kandidat calon ketua dan sekretaris yang akan dipilih pada Konferta AJI Tanjungpinang tersebut telah malang melintang di dunia jurnalistik.

“Tentu harapan kita semua yang memimpin AJI Tanjungpinang ke depan, dituntut dapat membawa organisasi ini ke arah yang lebih baik,” ujarnya.

Jailani menambahkan Konferta tersebut turut diisi dengan kegiatan seminar mengangkat tema “Merawat Kebebasan Pers dan Kebebasan Berekspresi di Tengah Represi Pandemi”.

Narasumber pada seminar ini, antara lain Gubernur Kepri Ansar Ahmad, Wali Kota Tanjungpinang Rahma, Ahli Pers Zamzami A Karim, Akademisi STAIN Abdul Rahman, Akademisi UNPAK Bogor Andi M Asrun, dan Sekjen AJI Indonesia Ika Ningtyas. (RINTO /Rilis AJI)

ARTIKEL TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.