Rabu, Juni 19, 2024
BerandaBatamBMKG Keluarkan Peringatan Potensi Banjir Rob di Empat Wilayah Kepri

BMKG Keluarkan Peringatan Potensi Banjir Rob di Empat Wilayah Kepri

Beritaibukota.com,BATAM- Badan Meteorogi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memberi peringatan dini terhadap potensi banjir rob di sejumlah kawasan di Provinsi Kepulauan Riau.Empat wilayah di Kepri dihimbau lebih hati-hati karena lebih berpotensi mengalami potensi banjir rob.

“Tanjungpinang, Karimun, Batam dan Bintan potensial terjadi. Kita harapkan agar lebih waspada,” kata Kepala Stasiun Meteorologi Hang Nadim Batam, Addi Setiadi, Rabu (08/12).

Addi mengatakan kawasan tepi pesisir karimun potensia terjadi banjir rob. Berdasarkan pantauan prakirawan cuaca kecepatan angin saat hujan ringan di Karimun berada di sekitar 4-10 knots dengan arah angin dari utara menuju timur laut. “Air laut pasang diperkirakan akan terjadi dua kali. Pertama pukul 13.00 dengan maksimal pasang mencapai 3,8 meter. Kemudian air laut pasang kedua mencapai 2,4 meter pada pukul 02.00 WIB. Peringatan dini di sejumlah kawasan itu berlaku mulai hari ini sampai besok,” ujarnya.

Addi menambahkan banjir rob juga potensial terjadi Pulau Bintan (Kota Tanjungpinang dan Kabupaten Bintan). Air laut pasangan maksimal pertama diperkirakan terjadi pada pukul 11 WIB dengan tinggi 2,2 meter. Sedangkan air laut pasang maksimal kedua terjadi pada pukul 04.00 WIB dengan tinggi 2 meter.

Di pesisir Pulau Bintan terjadi hujan ringan. Arah angin dari utara menuju timur laut, dengan kecepatan 4-20 knots.

“Potensi banjir rob terjadi di tepian pesisir Selat Kijang dan sekitarnya,” jelasnya.

Selain itu, di tepian pesisir Tanjunguban, Bintan juga potensial terjadi banjir rob saat air laut pasang maksimal pertama setinggi 2,7 meter pukul 12.00 WIB, dan kedua setinggi 2,4 meter pada pukul 03.00 WIB.

Sementara di Pelabuhan Batu Ampar, Batam juga berpotensi terjadi banjir rob saat air laut pasang maksimal pertama setinggi 3 meter pada pukul 13.00 WIB, dan kedua 2,7 meter pada pukul 02.00 WIB. Cuaca di Batu Ampar dan sekitarnya hujan ringan, arah angin dari utara menuju timur laut dengan kecepatan 4-20 knots.

“Dengan adanya fenomena tersebut, masyarakat di sekitar pesisir, bantaran sungai dan daerah yang lebih rendah diimbau tetap waspada dan siaga untuk mengantisipasi dampak dari pasang laut maksimum, seperti adanya genangan,” katanya.

Salah satu warga Tanjungpinang, Hendy mengatakan air pasang laut di sekitaran rumahnya ini sudah langganan menjelang tahun baru. “Mau gimana lagi kondisinya sudah begini,” kata Hendy. (nto)

ARTIKEL TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.