Jumat, Juni 14, 2024
BerandaNasionalRupiah Masih Jauh dari Angka Rp14.500

Rupiah Masih Jauh dari Angka Rp14.500

Beritaibukota,- Hari ini nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) menguat tipis di kurs tengah Bank Indonesia (BI). Meskipun menguat, kekuatan Rupiah terhadap mata uang Paman Sam masih jauh dari angka 14.500, Kamis (15/10/2020),

Dikutip dari CNBC Indonesia,  kurs tengah BI atau kurs acuan Jakarta Interbank Spot Dollar Rate/Jisdor berada di Rp 14.760. Rupiah menguat 0,14% dibandingkan posisi penutupan perdagangan hari sebelumnya.

Mata uang Tanah Air juga menguat di ‘arena’ pasar spot. Pada pukul 10:00 WIB, US$ 1 dibanderol Rp 14.670 di mana rupiah menguat 0,07%.

Sementara mata uang Asia lainnya bergerak variatif di hadapan dolar AS. Pelemahan maupun penguatan mata uang Benua Kuning juga tipis-tipis saja, sama seperti rupiah.

Walau penguatan rupiah terbatas, tetapi masih bisa menjadi mata uang terbaik di Asia. Hanya kalah dari won Korea Selatan.

Penguatan rupiah terbatas karena investor masih menunggu rilis data perdagangan internasional yang akan dirilis Badan Pusat Statistik (BPS) pada pukul 11:00. Konsensus yang dihimpun CNBC Indonesia memperkirakan pada September 2020, ekspor terkontraksi atau tumbuh negatif nyaris 8% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya (year-on-year/YoY).

Sementara impor diperkirakan ambles 25,15% YoY. Ini membuat neraca perdagangan surplus US$ 2,06 miliar.

Jika sesuai dengan ekspektasi, maka surplus perdagangan sepanjang kuartal III-2020 tidak main-main. Angkanya mencapai lebih dari US$ 7 miliar.

Tingginya surplus neraca perdagangan membuat transaksi berjalan Indonesia kemungkinan bisa surplus pada kuartal III-2020. Kalau terwujud, maka akan menjadi surplus pertama sejak 2011. (Rinto Situmorang)

ARTIKEL TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.