Jumat, Juni 14, 2024
BerandaTanjungpinangTiga Pengedar Sabu 300 Gram Dituntut 11 Tahun Penjara

Tiga Pengedar Sabu 300 Gram Dituntut 11 Tahun Penjara

Beritaibukota.com. TANJUNGPINANG – Jaksa Penuntut Umum (JPU) menuntut tiga terdakwa pengedar sabu 300 gram di Tanjungpinang, dengan hukuman 11 tahun kurungan penjara.

Tiga terdakwa itu antara lain, Raden Zulkarnaen, Musshadri, dan Hamdani Siregar. Tuntutan terhadap tiga terdakwa tersebut dibacakan oleh JPU Wirayanu, dalam sidang virtual di Pengadilan Negeri (PN) Tanjungpinang, pada Senin (2/8).

Dalam pembacaan tuntutannya, Wirayanu mengatakan ketiga terdakwa melakukan permufakatan jahat yang tanpa hak atau melawan hukum menawarkan untuk dijual, menjual, membeli, menerima, menjadi perantara dalam jual beli, menukar, atau menyerahkan narkoba jenis sabu-sabu dengan berat melebihi 5 gram.

Ketiga terdakwa terbukti melanggar Pasal 114 ayat 2 Junto Pasal 132 Ayat 1 Undang-undang RI Nomor 35 Tahun 2009 Tentang Narkotika. “Menuntut ketiga terdakwa dengan tuntutan 11 tahun penjara dan denda Rp 1 miliar sunsider 3 bulan kurungam penjara,” kata Wirayanu kepada Ketua Majelis Hakim Bungaran Pahpahan.

Sementara, kata Wirayanu barang bukti 300 gram narkoba jenis sabu-sabu dan dua unit handphone merk Vivo dan Nokia akan dirampas untuk dimusnahkan.

Dalam dakwaan JPU, kejadian itu bermula pada saat terdakwa Raden bercerita dengan Kep mengenai permasalahan keluarganya. Setelah itu Kep meminta untuk mencarikan barang berupa sabu-sabu sebanyak 0,5 kilogram.

Setelah itu terdakwa Raden menguhubungi terdakwa Musardi untuk bertemu di tepi laut. Setelah itu terdakwa Mushardi menghubungi, Pala yang berada di Lapas Tanjungpinang.

Setelah mendapatkan sabu-sabu, ketiga terdakwa bertemu di Pinggir Jalan Raya KM 8 Atas jalan Raja Haji Fisabillah, Kecamatan Bukit Bestari, Kota Tanjungpinang, pada Sabtu(30/1/2021) pukul 21.30 WIB.

Kemudian ketiga terdakwa menyerahkan narkoba itu kepada Kep yang ternyata adalah anggota polisi dari Direktorat Narkoba Kepolisian Daerah Kepulauan Riau dan langsung melakukan penangkapan. (ko)

ARTIKEL TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.