Senin, Juli 22, 2024
BerandaTanjungpinangAtasi Kesulitan Ekonomi, Manfaatkan Lahan Kosong di Sekitar Rumah untuk Beternak Lele

Atasi Kesulitan Ekonomi, Manfaatkan Lahan Kosong di Sekitar Rumah untuk Beternak Lele

Beritaibukota.com,TANJUNGPINANG – Inovasi dan kreasi menjadi salah satu jalan keluar yang diterapkan untuk menghadapi kesulitan ekonomi di masa pandemi Covid-19. Salah satu inovasi dan kreasi yang dilakukan adalah memanfaatkan lahan kosong di sekitar rumah menjadi tempat peternakan ikan lele.

Hal ini membuat Walikota Tanjungpinang, Hj. Rahma kagum saat melakukan panen perdana budidaya Ikan Lele milik salah satu warga Kelurahan Kampung Baru.

Rahma salut atas inovasi yang telah dikembangkan oleh salah satu warga Kelurahan Kampung Baru yaitu Bapak Bono. Rahma berharap segera dibentuk kelompok dasawisma agar dapat memberikan efek positif dari peternakan ikan lele ini.

Menurut Rahma ada tiga aspek penting yang dihasilkan dalam budidaya ini. Salah satunya mampu memberdayakan masyarakat, menyehatkan kembali ekonomi ditengah pandemi. Serta membantu peran pemerintah dalam mensosialisasikan gemar makan ikan untuk tumbuh kembang dan kecerdasan bagi anak maupun orang dewasa.

”Harapan saya ini dapat menjadi contoh bagi masyarakat dan dasawisma atau kelompok lainnya, agar dapat memacu potensinya dalam mengembangkan masing-masing daerahnya, apalagi dimasa pandemi ini harus melakukan inovasi dan kreasi agar dapat memulihkan ekonomi keluarga,” katanya.

Dijelaskannya, jika ada kelompok atau Dasawisma yang tersebar disegala kecamatan tidak hanya fokus pada peternakan ikan maupun menanam tanaman, tetapi banyak sekali aspek yang harus ditonjolkan agar pemberdayaan masyarakat dapat dilakukan dengan intensif.

”Contohnya seperti disini, bisa dikatakan Kelurahan Kampung Baru ini cukup kompleks dan padat penduduk, dengan inovasi yang dimiliki oleh masyarakat dapat memanfaatkan lahan kosong untuk ternak lele yang menggunakan terpal, tanpa mengeluarkan biaya yang besar dan sudah didesain yang menarik, tentu jika ini dikembangkan maka akan menjadi nilai tambah ekonomi,” jelasnya.

Peternakan ikan lele ini merupakan panen perdana milik Pak Bono yang sudah memakan waktu 3 bulan. Saat ini, peternakan lele Pak Bono sudah memiliki sekitar 6.000 ekor lele yang siap dipanen. Saat melakukan panen perdana ini, Walikota turut didampingi oleh Asisten Ekonomi dan Pembangunan, Samsudi, S.Sos, MH, Kepala DP3 Kota Tanjungpinang, Yoni Fandri, ST, Camat Tanjungpinang Barat, Hj. Yenni Haryantie, S.Sos, Lurah Kampung Baru, Rohmanta, S.Sos dan Forum RT/RW Kelurahan Kampung Baru. (fik)

ARTIKEL TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.