Minggu, Februari 25, 2024
BerandaBintanBerkas Perkara Apri Sujadi dan M Saleh Umar Dilimpahkan ke PN Tanjungpinang

Berkas Perkara Apri Sujadi dan M Saleh Umar Dilimpahkan ke PN Tanjungpinang

Beritaibukota.com,BINTAN – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyatakan telah melimpahkan berkas perkara dan surat dakwaan Terdakwa Apri Sujadi dan

Plt Kepala Badan Pengusahaan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas (KPBPB) Mohd Saleh Umar kepada Pengadilan Tipikor pada PN Tanjungpinang.

Hal ini disampaikan Plt Jubir KPK, Ali Fikri, lewat pesan whatsappnya, Selasa (21/12).

Pelimpahan berkas yang dimaksud terkait perkara dugaan tindak pidana korupsi terkait pengaturan barang kena cukai dalam pengelolaan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Bintan Wilayah Kabupaten Bintan Tahun 2016 s/d 2018 ke Pengadilan Tipikor

“Hari ini (21/12/2021) tim Jaksa telah melimpahkan berkas perkara beserta surat dakwaan Terdakwa Apri Sujadi dkk (M Saleh Umar, red) ke Pengadilan Tipikor pada PN Tanjung Pinang,” tulis Fikri.

Fikri melankutkan penahanan para Terdakwa beralih dan menjadi sepenuhnya kewenangan Pengadilan Tipikor yang untuk sementara waktu tempat penahanannya masih di titipkan pada Rutan KPK.

Adapun terdakwa Apri Sujadi masih ditahan di Rutan KPK pada gedung Merah Putih sementara terdakwa Mohd. Saleh H. Umar ditahan di Rutan KPK pada Kavling C1.

Fikri mengatakan tim Jaksa berikutnya akan menunggu penetapan penunjukkan Majelis Hakim beserta penetapan hari sidang pertama dengan acara pembacaan surat dakwaan.

Fikri menambahkan para Terdakwa didakwa dengan dakwaan, sbb :
Pertama : Pasal 2 ayat (1) Jo Pasal 18 UU Tipikor Jo Pasal 55 ayat (1) ke 1 KUHP Jo Pasal 65 ayat (1) KUHP.
Atau
Kedua : Pasal 3 Jo Pasal 18 UU Tipikor Jo Pasal 55 ayat (1) ke 1 KUHP Jo Pasal 65 ayat (1) KUHP. (nto)

ARTIKEL TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.