Minggu, Juni 23, 2024
BerandautamaSelain Obat Lambung, Ternyata Jeruk Nipis Bisa Kurangi Ketombe Lebih Mudah

Selain Obat Lambung, Ternyata Jeruk Nipis Bisa Kurangi Ketombe Lebih Mudah

Beritaibukota.com,- Jeruk nipis sejauh ini masih kebanyakan digunakan masyarakat untuk bumbu dapur. Padahal kualitas jeruk nipis bagi kesehatan sangat banyak. Baik itu mengobati asam lambung juga termasuk terhadap perawatan rambut.

Dilansir dari situs Stylecraze.com, berikut kami telah merangkum beberapa manfaat jeruk nipis secara lengkap untuk Anda.

Mengurangi Ketombe

Manfaat jeruk nipis untuk rambut yang pertama adalah mengurangi ketombe. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, bahwa kandungan asam sitrat yang terdapat pada jeruk nipis sangat efektif mengatasi masalah ketombe. Manfaat ini bisa Anda dapatkan dengan menggosokkan irisan jeruk nipis pada kulit kepala secara langsung.

Selain itu, membilas rambut dengan perasan air jeruk nipis yang ditambahkan dengan air juga membantu menghilangkan ketombe lebih mudah. Meskipun begitu, perlu diketahui kandungan yang terdapat pada jeruk nipis dapat membuat kuli kepala menjadi kering. Sehingga, sebaiknya Anda juga mengoleskan minyak zaitun atau minyak kelapa maupun minyak almond pada kulit kepala setelah terkena air jeruk nipis.

Merawat Rambut

Manfaat jeruk nipis untuk rambut selanjutnya juga bermanfaat untuk merawat rambut. Dalam hal ini, jeruk nipis sangat berguna untuk menyerap produksi minyak berlebih pada rambut sehingga membuatnya lengket dan kusam. Di sini, air jeruk nipis bekerja membersihkan kulit kepala dari minyak berlebih.

Bagi yang memiliki masalah serupa, Anda bisa menggosokkan potongan jeruk nipis langsung pada bagian kulit kepala. Sebagai alternatif, jeruk nipis bisa digunakan untuk membilas rambut dengan mencampurkannya 1 – 2 sendok jeruk nipis dengan air. Ini menjadi cara alami untuk mengatasi masalah rambut berminyak yang Anda miliki.

Membantu Pertumbuhan Rambut

Manfaat jeruk nipis untuk rambut yang tidak kalah penting bisa didapatkan dari kandungan vitamin C di dalamnya. Kandungan ini sangat berguna untuk mengobati masalah kebotakan, penipisan rambut, dan masalah rambut rontok yang sering kali terjadi. Nutrisi ini mampu mendorong pertumbuhan rambut menjadi lebih cepat.

Bagi yang tertarik, Anda bisa mengaplikasikan campuran air perasan jeruk nipis dengan minyak zaitun atau minyak lainnya ke kulit kepala secara merata lalu dibilas. Untuk mendapatkan hasil maksimal, Anda bisa melakukan cara ini dengan rutin dan lihat perkembangannya.

Membuat Rambut Berkilau

Manfaat jeruk nipis bagi rambut yang lain juga dapat membuat rambut menjadi lebih berkilau. Dikatakan, mengoleskan campuran air perasan jeruk nipis dengan minyak zaitun sebelum mencucinya dapat membuat rambut rampak berkilau. Bukan hanya itu, air perasan jeruk nipis dan minyak zaitun ini juga dapat memberikan efek halus pada rambut setelah menggunakannya.

Tidak heran jika jeruk nipis sering kali dijadikan bahan tambahan pada produk-produk perawatan rambut. Tentu ini menjadi salah satu manfaat jeruk nipis untuk rambut yang sayang untuk dilewatkan.

Mencerahkan Warna Rambut

Manfaat jeruk nipis untuk rambut yang terakhir yaitu dapat mencerahkan warna rambut. Perlu diketahui, kandungan vitamin C pada jeruk nipis juga berguna untuk mencerahkan warna rambut.

Manfaat ini tentu ditujukan pada orang dengan warna rambut terang atau pirang. Dengan begitu, warna rambut pirang yang terlihat kusam bisa kembali cerah hanya dengan menggunakan perawatan air jeruk nipis.

Caranya sangat mudah, yaitu dengan mengoleskan air jeruk nipis pada rambut secara merata dan diamkan selama 1 jam di bawah sinar matahari. Di sini, sinar matahari akan membantu rambut untuk menyerap kandungan air jeruk nipis yang telah diaplikasikan. Setelah satu jam, segera bilas rambut dengan menggunakan air hingga bersih. Cara ini dinilai mampu membuat warna rambut menjadi lebih cerah dan tidak kusam. Bahkan 2 – 3 tingkat lebih terang dari kondisi sebelumnya.

Itulah beberapa manfaat jeruk nipis untuk rambut yang perlu diketahui. Bagi yang mempunyai berbagai masalah rambut seperti ketombe, rambut berminyak hingga kusam, jeruk nipis bisa menjadi pilihan. Meskipun begitu, tetap berhati-hati dengan efek samping yang bisa ditimbulkan. Terlebih lagi bagi Anda yang memiliki kondisi kulit sensitif. (*/ko)

ARTIKEL TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.