Selasa, Maret 5, 2024
BerandaTanjungpinangPinang Kencana dan Batu IX Wilayah Paling Tinggi Penyebaran DBD di Tahun...

Pinang Kencana dan Batu IX Wilayah Paling Tinggi Penyebaran DBD di Tahun 2022

Beritaibukota.com,TANJUNGPINANG – Kelurahan Pinang Kencana dan Batu IX, Kecamatan Tanjungpinang Timur menjadi wilayah yang paling tinggi penyebaran kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) sepanjang 2022.

Dari data Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk, dan Keluarga Berencana Kota Tanjungpinang, tercatat selama Januari hingga November 2022 angka kasus DBD di Kota Tanjungpinang sebanyak 307 orang, di mana sebanyak 69 diantaranya di Kelurahan Pinang Kencana dan 70 kasus diantaranya di Kelurahan Batu IX.

Sedangkan Kelurahan Tanjungpinang Timur dan Barat sebanyak 21 kasus, Melayu Kota Piring 22 kasus, dan sisa kelurahan lainnya berada di bawah 15 kasus.

Dengan penyebaran kasus tersebut, Wakil Wali Kota Tanjungpinang, Endang Abdullah mengimbau masyarakat untuk membersihkan lingkungannya masing-masing guna mencegah penularan demam berdarah denggue yang dibawa oleh nyamuk aedes aegypti.

“Yang penting jaga lingkungan rumah tetap bersih. Perhatikan jentik-jentik di bak-bak mandi, jangan sampai ada,” imbau Endang, Kamis (8/12).

Menurutnya, DBD cenderung meningkat pada musim hujan, karena telur nyamuk hidup dan berkembangbiak di genangan-genangan air. Oleh karena itu, masyarakat juga harus membersihkan tempat-tempat penampungan air seperti bak mandi. Selain itu, mengubur barang bekas agar tidak berpotensi menjadi sarang nyamuk.

“Kalau lingkungan bersih dan bebas nyamuk, kita bisa terhindar dari demam berdarah,” pungkasnya.

Pihaknya juga mengimbau kepada masyarakat, jika di lingkungan tempat tinggalnya ditemukan kasus DBD segera melapor ke kelurahan atau puskesmas setempat agar segera dilakukan penyemprotan fogging.

“Koordinasikan dengan kelurahan dan puskesmas, kita akan fogging, supaya DBD tidak menyebar luas,” sambung Endang. (redaksi)

ARTIKEL TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.